Laman Engkos

Senin, 22 November 2010

Penerbangan



Sistem Garuda Terganggu karena Sabotase?
Senin, 22 November 2010 | 20:08 WIB
Reuters
Garuda Indonesia


JAKARTA, KOMPAS.com — Gangguan yang terjadi pada sistem penerbangan Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta sampai saat ini masih diselidiki oleh pihak maskapai pelat merah tersebut.

Direktur Pengembangan dan IT Garuda, Elisa Lumbantoruan, menyatakan, banyak kemungkinan yang menjadi penyebab anjloknya sistem pelayanan tersebut. Salah satu kemungkinannya adalah sabotase. "Ada kemungkinan karena kesengajaan, tetapi masih terus diselidiki," kata Elisa kepada Tribun di Jakarta, Senin (22/11/2010).

Menurutnya, saat ini sistem lama di Garuda sedang dalam transisi ke Integrated Operational Control System (IOCS), sistem yang nantinya terintegrasi dengan maskapai anggota Global Alliance Sky Team. "Sebenarnya, kita telah menyiapkan seluruhnya secara cermat. Tetapi tiba-tiba terjadi masalah itu," lanjutnya.

Dijelaskannya, pemasangan IOCS dilakukan mulai Kamis (18/11/2010). Saat itu dilakukan cut over pada sistem lama, pada hari pertama semua berjalan lancar. Sehari kemudian, saat teknisi datang, dikatakan tidak ada masalah.

Namun, pada hari Sabtunya sistem anjlok lagi. "Ada kabel yang tercabut di sistem. Nah, ini yang jadi penyebabnya. Apakah kabel lepas dengan sengaja atau karena kesalahan teknis, kita belum tahu," tandasnya.
Sumber: kompas.com

Tidak ada komentar: