Laman Engkos

Minggu, 12 Desember 2010

ASEAN SCHOOL CHAMPIONSHIP Indonesia Kalahkan Malaysia, 3-1

Kamis, 9 Desember 2010 | 03:21 WIB

Jakarta, Kompas - Tak mau kalah dengan tim senior, tim U-15 Indonesia yang diwakili anak-anak Indonesia Football Academy mengalahkan Malaysia, 3-1, pada pertandingan kedua ASEAN School Championship di Stadion Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (8/12). Pada pertandingan pertama, Thailand yang akan menjadi lawan Indonesia hari ini melibas Sri Lanka, 9-2.

”Kami sempat down saat tertinggal, tetapi beruntung kami bisa langsung mencetak gol balasan. Kami bermain cukup bagus,” kata Rico Andriyanto, kapten tim Indonesia.

Soal pertandingan melawan Thailand, Rico Andriyanto percaya diri mampu mengalahkan Thailand. ”Kami semakin percaya diri. Kemenangan melawan Malaysia membuat kami lebih tenang,” ujarnya.

Malaysia, yang pada laga perdana menahan imbang 1-1 Thailand, ternyata bukan seperti Sri Lanka yang pertahanannya begitu mudah dibobol pemain Indonesia. Indonesia berusaha menekan melalui sayap kanan oleh Moh Fahmi dan terobosan Yogi Rahardian.

Keduanya beberapa kali melakukan umpan silang ke mulut gawang Malaysia yang dijaga oleh Abdul Gafur. Sayangnya, tidak ada pemain Indonesia yang menyambut umpan tersebut.

Sebuah pelanggaran satu meter dari kotak penalti Indonesia memberi Malaysia kesempatan melakukan tendangan bebas pada menit kelima. Beruntung, bola tendangan Shahrul Hakim membentur tiang gawang dan memantul ke pelukan Yusuf.

Lewat permainan satu-dua sentuhan yang sangat presisi, Malaysia berhasil mengecoh pemain belakang Indonesia. Arif Farhan menyambut bola umpan dengan tendangan mendatar yang gagal dijangkau Yusuf Kurniawan pada menit ke-10.

Balasan cepat

Beruntung hanya beberapa saat setelah kebobolan, Maldini menyamakan kedudukan melalui sebuah tendangan jarak jauh. Memanfaatkan kelengahan Malaysia yang masih euforia, Maldini membawa bola menerobos lini tengah sebelum melepaskan tendangan dari jarak sekitar 25 meter.

Pada babak kedua, Indonesia mencoba keluar dari tekanan dengan memanfaatkan kecepatan penyerang Moh Fahmi. Upaya itu membuahkan hasil ketika Moh Fahmi menerobos sisi kiri pertahanan Malaysia. Fahmi melepas umpan silang ke mulut gawang yang disambut Angga Febrianto dengan sundulan untuk membawa Indonesia unggul.

Keunggulan itu membuat Indonesia makin percaya diri. Fahmi kembali menunjukkan kecepatan dan umpan akuratnya. Kali ini, ia memberi umpan kepada Yogi Rahardian yang berhasil menambah keunggulan menjadi 3-1. Malaysia nyaris memperkecil ketertinggalan, tetapi bola tendangan Tanabalan masih membentur mistar gawang. (RAY)

Tidak ada komentar: